Nelayan Campurejo Hilang, Pencarian Ditunda karena Cuaca Buruk

Date:

Kronologi Kejadian

Seorang nelayan bernama Zainal Abidin (50) hilang saat mencari ikan di laut sebelah utara Desa Campurejo, Panceng, Gresik, pada Sabtu (9/3/2024). Zainal bersama tiga rekannya menumpang kapal Sinar Jaya yang terbalik karena gelombang tinggi dan angin kencang sekitar pukul 12.00 WIB.

Tiga rekannya berhasil selamat berkat bantuan kapal Rukun Abadi yang kebetulan melintas di lokasi kejadian. Namun, Zainal belum ditemukan hingga saat ini.

“Kapal kami terbalik karena ombak besar. Kami sempat berpegangan di kapal, tapi Zainal terlepas. Kami tidak tahu dia ke mana,” kata salah satu rekan Zainal yang selamat.

Upaya Pencarian

Pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Gresik telah menerima laporan tentang kejadian tersebut sekitar pukul 14.00 WIB. Mereka telah berkoordinasi dengan Polisi Perairan dan Udara (Polairud) dan Tim Search and Rescue (SAR) untuk melakukan pencarian.

“Kami sudah mendapat laporan ada korban satu belum ditemukan bernama Zainal Abidin. Sementara tiga orang selamat. Upaya pencarian baru akan dilakukan besok pagi karena cuaca buruk dan gelap,” kata PLT Kepala BPBD Gresik Suyono.

Hal senada juga diungkapkan oleh Kasat Polairud Gresik AKP Winardi. Ia mengatakan pihaknya akan bekerja sama dengan Tim SAR dan BPBD untuk mencari Zainal pada Minggu (10/3/2024) pagi.

“Baru besok pagi kami lakukan pencarian. Karena setelah menerima laporan sudah malam dan gelap. Kami harap cuaca besok lebih baik,” kata Winardi.

Kondisi Cuaca

Menurut Qodir, seorang nelayan dari Ujungpangkah, cuaca di laut Gresik saat ini sangat buruk. Ia mengatakan gelombang sangat tinggi dan angin sangat kencang.

“Tiga nelayan yang selamat. Satu orang katanya belum ditemukan. Para nelayan akhirnya pulang karena ombak dan angin sangat besar,” kata Qodir yang kembali ke darat setelah ombak besar kepada wartawan.

Foto: ilustrasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Share post:

Subscribe

spot_imgspot_img

Popular